Intro : Fiber Optic Technology


Assalamualaikum Wr.Wb
Hari ini, mbah suro sharing mengenai apa itu Fiber Optic Technology. Mengingat kurikulum baru di dunia Pendidikan mewajibkan mempelajari tentang yang satu ini, mbah tertarik untuk membagikan sedikit ilmunya terhadap siswa yang sedang prakerin di BLC. Langsung saja kita ke penjelasannya.

A. Pengertian
Serat optik adalah saluran transmisi atau sejeniskabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.

B. Latar Belakang
Kurikulum terbaru dari pemerintah yang mengadakan/mewajibkan para siswa jurusan IT untuk memahami ilmu yang satu ini.

C. Tujuan
Menjelaskan apa itu Fiber Optic dan Teknologinya
Memahami perbedaan Fiber Optic dengan Kabel Tembaga yang dahulu

D. Isi
Karakteristik Fiber Optik, diantaranya :
1. Sumber cahayanya berasal dari laser atau LED sebagai transmitter. Dengan kecepatan cahaya pada umumnya adalah 108.
2. Bandwidth hingga TeraByte.
3. Menggunakan model jaringan Point-to-point.
4. Bekerja dengan cara mengubah sinyal elektrik menjadi digital dan kembali lagi menjadi elektrik, sehingga tidak menggunakan gelombang listrik.
5. Termasuk dalam OSI Layer 2.
- Bagian-bagian Fiber Optik

1. Core (inti) merupakan bagian terdalam yang berupa silinder kaca atau plastik yang membentang sepanjang serat.
2. Cladding merupakan komponen yang terbuat dari kaca dan berfungsi sebagai pelindung core/inti, serta mempunyai indeks lebih rendah dari core.
3. Coating (mantel) merupakan lapisan yang terbuat dari plastik dan berfungsi yang melindungi gangguan dari luar seperti lengkungan kabel dan kelembaban udara yang dapat mengakibatkan kerusakan pada lapisan dalam.
4. Strength Member & Outer Jacket merupakan lapisan terluar dari fiber optik.
- Jenis/pembagian fiber optik :
1. Berdasarkan mode rambatnya :
a. Single mode : serat optik dengan inti (core) yang sangat kecil (biasanya sekitar 8,3 mikron), diameter intinya sangat sempit mendekati panjang gelombang sehingga cahaya yang masuk ke dalamnya tidak terpantul-pantul ke dinding selongsong (cladding).
b. Multi mode : serat optik dengan diameter core yang agak besar yang membuat laser di dalamnya akan terpantul-pantul di dinding cladding yang dapat menyebabkan berkurangnya bandwidth dari serat optik jenis ini.
2. Berdasarkan indeks bias core :
a. Step indeks : pada serat optik step indeks, core memiliki indeks bias yang homogen.
b. Graded indeks : indeks bias core semakin mendekat ke arah cladding semakin kecil. Jadi pada graded indeks, pusat core memiliki nilai indeks bias yang paling besar. Serat graded indeks memungkinkan untuk membawa bandwidth yang lebih besar, karena pelebaran pulsa yang terjadi dapat diminimalkan.
- Kelebihan fiber optik :
1. Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik dan menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan.
2. Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah serta tingkat keamanan yang lebih tinggi.
3. Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang.
4. Imun, kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio.
5. Non-Penghantar, tidak ada tenaga listrik dan percikan api.
6. Tidak berkarat.

E. Kesimpulan
Kita lebih mengenal apa itu kabel FO, meskipun terlihat sepele, alat dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mengatasi kabel ini harus bener bener ahli dalam bidangnya, alatnya saja harganya 250 juta (Hanya untuk menyambung kabel FO yang terputus)

F. Referensi
Mbah Suro Dhemit, Ebook Fiber Optic 
Previous
Next Post »

Recommended