Connect PC Ke Internet Lewat RouterBoard




Assalamualaikum Wr.Wb
Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengkoneksikan PC/Laptop ke internet via MikroTik RouterBoard (sekaligus bridge).

A. Pengertian
Koneksi internet yang umum digunakan terdiri atas dua macam, yakni koneksi internet yang menggunakan kabel dan nirkabel (wireless). Lebih jelasnya kalian bisa membaca tentang pengertian internet. Koneksi internet kabel adalah jenis koneksi yang memanfaatkan media kabel sebagai penghantarnya. Wireless adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. 


B. Latar Belakang
Seiring berjalannya waktu, MikroTik banyak digunakan karena murah dan efisien. Jika tidak dimanfaatkan betul maka kita akan ketinggalan zaman jadi kita minimal bisa menguasai dasar MikroTik itu sendiri.

C. Tujuan

Untuk menjelaskan bagaimana langkah langkah konek ke internet, manfaatnya, dan tips mudahnya.

D. Alat dan Bahan
- PC/Laptop dengan port Ethernet aktif/Wireless Card aktif.
- Winbox v3.11 (Sesuaikan yang terbaru)
- MikroTik RouterBoard RB941-2nD (ini yang saya pakai, kalau kalian terserah)
- Koneksi internet yang lancar

E. Langkah Pengerjaan
1. Login WinBox, tambahkan IP baru di interface kalian yang terhubung ke PC dan Routernya (saya ether4) lalu tambah IP baru (IP>Address>+)
2. Tambahkan Gateway terserah kalian asal masih 1 network dengan IP Addressnya dan bukan Broadcast address maupun Network address.
3. Jangan lupa tambahan juga DNS, isi dengan DNS yang sudah disediakan ISP kalian atau DNS umum. Disini saya pakai DNS google. (google atau nawala)
4. Sambungkan koneksi wlan kalian dengan Wi-Fi/Hotspot yang ada.
     Wireless>Klik Adapter 2x>Scan>Interfacenya wlan1 lalu "start">Konek ke Wifi yang ada.

 5. Check koneksi kalian apakah sudah terhubung atau belum. Kenapa punya saya tulisannya NET PROHIBITED (Koneksi Terlarang)? Itu karena WiFI yang saya pakai sebagai sumber koneksi internet memakai pengamanan login hotspot user milik MikroTik juga. Jadi kalau saya sudah login baru bisa ngeping lewat WinBoxnya
     New Terminal>ping google.com>ping 8.8.8.8
6. Setelah itu kita atur Firewallnya agar OS asli kita bisa konek ke internet.
IP>Firewall>NAT
chain : srcnat
out.interface : wlan1 (tergantung sumber koneksi kalian)
action : masquerade

 

 7. Setting IP di OS asli kalian dengan IP 1 network dan gateway yang sudah dibuat di IP Routes tadi. Jangan lupakan juga DNS kawan :D

8. Cek koneksi di OS asli kalian dengan ping ke google. Apakah sudah konek seperti ini? :)

F. Kesimpulan
Ternyata mengoneksikan PC ke internet lewat Winbox itu mudah karena sudah tersedia fitur yang user friendly bagi para penggunanya.

G. Referensi
Modul MTCNA IDN

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan, kita bertemu di post berikutnya.
Wassalamualaikum Wr.Wb
 



 
 
 
 
Previous
Next Post »

Recommended