Pengenalan Linux OS


Assalamualaikum Wr.Wb
     Mungkin banyak dari kita yang kurang tau tentang sistem operasi yang satu ini terutama orang awam yang hanya bisa memakai komputer saja. Menurut mereka, sistem operasi paling mudah pengoperasiannya adalah Windows, tetapi kita akan gali lebih dalam tentang linux dan windows agar masing masing tau apa perbedaan kedua sistem operasi ini mencangkup kelebihan dan kekurangannya. simak penjelasannya berikut ini : 

A. Pengertian

       APA ITU LINUX?

       Linux adalah sebuah Operating System (OS) yang merupakan turunan dari UNIX dan pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki Finlandia. Kemudian linux mulai banyak dikembangkan dengan bantuan programmer dan hacker dari seluruh dunia karena linux bersifat Open Source. Linux disebarkan secara luas dibawah lisensi GNU (Genuine Not Unix = bukan mesin unix), General Public License (GPL) atau lisensi publik umum yang pertama kali oleh Richard Matius Stallman yang merupakan fokus asli Free Software Foundation (FSF) sekitar 1980-an yang berawal dari keresahan pembatasan hak(lisensi) penggunaan sebuah software. Penamaan GNU dipilih karena desainnya mirip Unix tetapi berbeda karena GNU tidak mengandung kode-kode Unix. Dalam proyek ini GNU menggunakan dua lisensi yaitu Copyleft dan Non-copyleft. Sedangkan yang dimaksud Free Sofware adalah sebuah bentuk kebebasan, mengacu ke pengguna untuk memakai,
mengkopi, mendistribusikan, mempelajari, merubah maupun meningkatkan software
tersebut.
Secara detail arti kebebasan itu dijabarkan dalam 4 hal, yakni:
1. bebas menjalankan program
2. bebas mempelajari program dan mengadaptasi sesuai dengan kebutuhan
3. bebas mendistribusikan ulang
4. bebas meningkatkan program dan mempublikasikannya
Linux juga termasuk Open Source atau bebas dengan filosofinya :

“The basic idea behind open source is very simple : When programmers can read, redistribute,
and modify the source code for a piece of software, the software evolves. People improve it,
people adapt it, people fix bugs. And this can happen at a speed that, if one is used to the slow
pace of conventional software development, seems atonishing. We in the open source
community have learned that this rapid evolutionary process produces better software than the
traditional closed model”

Ide dasar dari open source adalah sangat sederhana: Bilamana programer dapat membaca, mendistribusikan, dan memodifikasi kode sumber (listing) untuk sebuah software, maka perangkat lunak itu akan berkembang. Orang memperbaikinya, orang beradaptasi, orang memperbaiki bug. Dan ini akan menyebabkan terjadi pada percepatan pengembangan perangkat lunak, jika salah satu digunakan untuk memperlambat pengembangan perangkat lunak konvensional, tampaknya tidak masuk akal. Kami dalam komunitas open source telah belajar bahwa proses evolusi ini akan cepat menghasilkan software yang lebih baik daripada model tertutup tradisional.

 B. Latar Belakang
      Saat ini sebagian besar perusahaan menggunakan Linux sebagai sistem operasi karena lebih aman, efektif, dan mudah dalam pengoperasiannya. Linux mudah berkembang dengan cepat karena bersifat open source. Banyak perusahaan yang menggunakan linux karena sistem operasi windows banyak yang berlisensi atau berbayar dan rentan terkena serangan virus.

C. Tujuan
     Untuk menginformasikan kepada pembaca mengenai pengertian linux, keunggulan, dan mengapa banyak orang sering menggunakan linux.

D. Isi

    Berikut keunggulan Linux : 
1. Aman dari virus. Bukan berarti Linux tidak ada virusnya, Linux sebenarnya ada juga virusnya tetapi virus tersebut tidak dapat berkembang seperti yang dialami oleh sistem operasi yang lain yang hingga bisa merusak hardware yang terkena virus. Mengapa virus tidak dapat berkembang di Linux ? Karena linux setiap kita ingin membuka perintah penting linux akan selalu meminta password kepada kita. 
2. Open source/bebas mengakses. Setiap orang bisa mengakses Linux tanpa harus mengeluarkan uang. Karena Linux tidak memiliki aplikasi yang bersifat berbayar yang butuh lisensi atau close source. 
3. Tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi. Untuk menginstall Linux kita tidak perlu memiliki spesifikasi komputer yang tinggi, karena linux cukup ringan. Linux sudah dapat digunakan dengan maksimal oleh komputer yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi. 
4. Linux dapat menjalankan aplikasi Windows. Linux telah menyediakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang ada di Windows. Aplikasi tersebut adalah Wine. Wine dapat menjalankan semua aplikasi windows yang seharusnya tidak dapat dijalankan oleh Linux. 
5. Handal sebagai personal dan server. Dari dulu hingga sekarang Linux terkenal dengan sistem operasi yang paling baik securitynya untuk digunakan sebagai server suatu perusahaan/ instansi tertentu.
 

Mengenal perkembangan Linux
Linux berkembang begitu cepat. Ada berbagai ragam jenis Linux yang telah tersebar saat ini. Dari berbagai ragam jenis Linux, mereka memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri. Mengapa perkembangan Linux begitu cepat ? Seperti yang sudah dibahas diatas tadi, Linux adalah sistem operasi yang bersifat open source/bebas mengakses. Jadi memungkinkan banyak orang untuk memodifikasi sebuah sistem operasi Linux sedemikian rupa.
E. Kesimpulan
 Sistem operasi linux juga tidak kalah menarik dan kerennya dengan windows. Karena bersifat open source, maka linux cepat mengalami perkembangan dan update mengukuti kebutuhan para penggunanya.

Mungkin sekian perkenalan singkat dengan Linux OS, kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

 
Oldest

Recommended