Intro : GNU and GPL in Linux

Assalamualaikum Wr.Wb
Mungkin saya sedikit telat menyampaikan postingan ini, tapi gak papa lah :D daripada gak posting sama sekali :v langsung saja apa itu GNU dan GPL pada Linux?

GNU adalah suatu sistem operasi komputer yang sepenuhnya terdiri dari perangkat-perangkat lunak bebas. Namanya merupakan akronim berulang untuk GNU's Not UNIX (GNU bukanlah UNIX); nama itu dipilih karena rancangannya mirip Unix, tetapi berbeda dari UNIX, GNU tidak mengandung kode-kode UNIX.Pengembangan GNU dimulakan oleh Richard Stallman yang merupakan Free Software Foundation atau penemu perangkat lunak bebas.
GNU selalu dikembangkan. Hampir semua komponen telah lama dirampungkan dan telah digunakan untuk proses produksi selama satu dasawarsa atau lebih, kernel resminya, GNU Hurd, tidaklah lengkap dan tidak semua komponen GNU dapat berjalan dengannya. Dengan demikian, kernel Linux sebagai pihak ketiga paling banyak dipakai untuk menggantikannya.

Sedangkan GPL merupakan Singkatan dari General Public License atau dalam bahasa indonesia Lisensi publik umum merupakan suatu lisensi perangkat lunak bebas yang aslinya di tulis oleh Richard Stallman. Lisensi GPL memberikan penerima salinan perangkat lunak hak dari perangkat lunak bebas dan menggunakan copyleft untuk memastikan kebebasan yang sama diterapkan pada versi berikutnya dari karya tersebut. GPL terakhir lisensi ini, yaitu versi 3, dirilis 27 Juni 2007. GNU Lesser General Public License (LGPL) merupakan versi lain GPL, ditujukan untuk penggunaan beberapa software library.

Reference : https://id.wikipedia.org/wiki/GNU
Wassalamualaikum Wr.Wb
Previous
Next Post »

Recommended