Mengenal Jenis Virtualisasi - Cloud Computing

Assalamualaikum Wr.Wb
Sebelum kita melanjutkan pembahasan di server mengenai Proxmox, kita harus tau apa sih Cloud Computing? langsung saja kita menuju penjelasan dan pembahasannya :)

A. Pengertian
Cloud Computing atau komputasi awan merupakan kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Sebutan cloud sendiri merupakan sebuah istilah yang diberikan pada teknologi jaringan internet. Pada teknologi komputasi berbasis awan semua data berada dan disimpan di server internet, begitu juga dengan aplikasi ataupun software yang pada umumnya dibutuhkan pengguna semuanya berada di komputer server. Sehingga kita tidak perlu melakukan instalasi pada server. Tetapi pengguna harus terhubung ke internet untuk bisa mengakses dan menjalankan aplikasi yang berada di server tersebut. Dengan kata lain pengguna bisa saja hanya menyediakan sebuah komputer dan perangkat jaringan internet untuk bisa terhubung ke server internet dan menyimpan data di komputer server tanpa harus menyediakan harddisk yang berkapasitas besar pada komputernya sendiri untuk menyimpan datanya. Begitu juga dengan program aplikas seperti Microsoft Office, Excel dan lain sebagainya pengguna bisa menjalankan aplikasi tersebut di server internet sehingga tidak perlu repot-repot untuk menginstall aplikasi tersebut di komputernya sendiri.

B. Latar Belakang
Komputasi awan (cloud computing) adalah cara baru untuk mengatur dan berbagi sumber daya teknologi informasi (TI) baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak, infrastruktur pendukung, maupun layanan terkait lainnya.


C. Tujuan
Mengetahui apa itu Cloud Computing sebelum memasuki server, karena virtualisasi kebanyakan digunakan dalam Cloud Computing ini.

D. Isi
Ada beberapa type dan layanan yang berada di cloud computing, diantaranya adalah :
  • Software as a Service (SaaS), merupakan layanan dari Cloud Computing dimana pengguna tinggal menggunakan software yang telah disediakan. Contohnya seperti layanan email (Outlook Mail, Google Mail, Yahoo Mail, dan lain-lain), media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya), Instant Messaging (Blackberry Messenger, WhatsApp, Line, dan sebagainya) dan banyak lagi yang lainnya.
  • Platform as a Service (PaaS), merupakan layanan dari Cloud Computing dimana kita menyewa sebuah "Rumah" dengan berbagai lingkungan-nya seperti sistem operasi, network, database engine, framework dan lain-lain hanya untuk menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Contohnya: Windows Azure milik Microsoft. Benefit yang didapat dari layanan ini ialah pengembang dapat fokus pada aplikasi yang dibuat dan tidak perlu memikirkan operasional dari "rumah" untuk aplikasi yang telah dibuat.
  • Infrastructure as a Service (IaaS), layanan dari Cloud Computing dimana pengguna dapat menyewa infrastruktur IT berupa komputasi, storage, memory, network, dan sebagainya. Dengan kata lain pengguna bisa menyewa perangkat tersebut termasuk konfigurasi yang lainnya. Contoh penyedia layanan ini seperti Amazon EC2, Microsoft Azure, TelkomCloud, BizNetCloud, dan sebagainya.
  • Public Cloud adalah layanan infrastruktur yang disediakan off-site melalui Internet. Public Cloud ini menawarkan level yang tinggi dari efisiensi share resources. Namun, mereka juga lebih rentan dari pada private Cloud. Public Cloud adalah pilihan yang tepat dengan kondisi seperti, beban kerja standar untuk aplikasi yang digunakan oleh banyak orang, seperti e -mail. Pengguna memerlukan kapasitas tambahan. Banyak eksekutif departemen TI mengkhawatirkan keamanan Public Cloud dan kehandalannya. Luangkan waktu untuk memastikan bahwa Anda memiliki perencanaan yang baik untuk masalah keamanan, atau penghematan biaya jangka pendek, karena jika tidak hal ini bisa berubah menjadi mimpi buruk jangka – panjang bagi perusahaan anda.
  • Private Cloud adalah salah satu layanan di mana infrastruktur diselenggarakan di private network. Private Cloud ini menawarkan tingkat keamanan dan kontrol yang tinggi, tapi perusahaan harus tetap membeli dan memelihara software dan infrastuktur, yang mana hal itu bisa menguras biaya. Jika sebuah perusahaan bergerak di bidang perbankan atau menghadirkan jasa telekomunikasi, maka private cloud adalah solusi yang tepat untuk menjamin data anda.
  • Hybrid Cloud mencakup berbagai pilihan public and private dengan beberapa penyedia. Dengan men-share hal-hal di atas Hybrid Cloud, Anda menjaga setiap aspek di bisnis Anda dalam lingkungan yang seifisien mungkin. Anda harus mentrack berbagai platform security yang berbeda dan memastikan bahwa semua aspek dari bisnis Anda dapat terhubung satu sama lain. Berikut adalah beberapa situasi di mana lingkungan hybrid adalah pilihan yang terbaik.
E. Kesimpulan
Dengan menggunakan layanan Cloud Computing berbasis Virtualisasi, kita tidak perlu repot repot harus install server fisik sendiri, kita hanya perlu berlangganan menggunakan server lain tetapi harus membayar tentunya :D

F. Referensi
- https://dbedboy.blogspot.co.id/2016/03/inilah-alasan-mengapa-harus-menggunakan.html
- Sharing Cloud Computing With Mbah Suro Dhemit - BLC Telkom Klaten
Wassalamualaikum Wr.Wb
Previous
Next Post »

Recommended