Install OpenSUSE 42.2 LEAP

Assalamualaikum Wr.Wb
Hari ini, Linux Mint saya mengalami error. Saya mencoba install ulang beberapa OS dan hasilnya masih sama. Terakhir, saya coba install OS bernama OpenSUSE. Belum pernah dengar sebelumnya tapi katanya UI nya bagus dan pengoperasiannya lumayan mudah, jadi saya putuskan mencoba memakai OS yang satu ini.

A. Pengertian
OpenSUSE adalah sistem operasi komputer yang dibangun di atas kernel Linux. openSUSE dikembangkan secara independen, dengan dukungan komunitas melalui Proyek openSUSE yang disponsori oleh SUSE dan sejumlah perusahaan lain.
Tujuan Proyek openSUSE adalah untuk memperkenalkan penggunaan Linux di mana-mana dengan menciptakan distribusi Linux yang stabil dan ramah pengguna. OpenSUSE dapat digunakan sebagai sistem operasi untuk desktop dan server.


B. Latar Belakang
Penasaran dan ingin mencoba OS yang lain

C. Tujuan
Menjelaskan cara menginstall OpenSUSE sebagai OS alternatif selain turunan Debian

D. Isi
Nb : Siapkan Flashdisk bootable OpenSUSE 42.2 LEAP dan Koneksi Internet yang memadai, karena akan membutuhkan proses yang cukup lama (4.3 GB)

1. Pilih yang Installation aja
 2. Pemilihan Bahasa, default saja
 3. Disuruh memilih install Repository Online, kosongin saja agar tidak menambah waktu instalasi
 4. Partition Table, pilih Expert Partition
 5. Lokasi? Jakarta, Indonesia
 6. Langsung Next saja
 7. Pemilihan Desktop Environment, kalau saya milih GNOME saja soalnya saya sudah Familiar dengan DE itu :D
 8. Set Username seperti kita install Linux pada umumnya.
 9. Langsung di Install saja
 10. Halaman loading sambil menunggu instalasi
 11. Desktop Awal OpenSUSE
E. Kesimpulan
Ternyata tampilannya lebih menarik dibanding OS Linux yang sudah saya kenal sepert Ubuntu, Linux Mint, Debian, Arch, dll :)

Wassalamualaikum Wr.Wb
Previous
Next Post »

Recommended