Sharing : Remote Server menggunakan Ngrok

Assalamualaikum Wr.Wb
Pasti pada banyak yang kebingungan "Gimana sih caranya kita meremote server kita, sedangkan server kita itu hanya lokal dan tidak memiliki IP Publik seperti VPS dan hosting lainnya?" Nah, setelah saya mumet mumet mencari tahu caranya, saya menemukan aplikasi bernama ngrok. terdengar aneh? saya saja pertama mendengar langsung ngakak :v, tapi setelah saya cari tau, ternyata kegunannya cukup mengejutkan dan membuat saya senang, karena hampir 2 jam saya mencari aplikasi untuk meremote server seperti ini, kebetulan saya sharing ke temen temen sesama prakerin di BLC Telkom Klaten ini, #Kok_Curhat? :v yaudah langsung saja ke pembahasannya :)

A. Pengertian
Ngrok adalah proxy server reverse yang menghubungkan endpoint secara publik untuk layanan web local . Fungsinya sendiri untuk penghubung antar pengakses localhost ke internet.

B. Latar Belakang
Karena mencoba konek ke server sendiri dari kost tidak jadi, maka saya coba mencari penghubung jaringan lokal ke publik, dan saya mencoba ini.

C. Tujuan
Menjelaskan apa itu Ngrok, kegunaan dan cara memasangnya.

D. Isi
1. Download dulu Ngrok dari website resminya di Ngrok.com dan buat akun disitu. Download langsung dipasang di server yang akan kita remote menggunakan wget.
wget https://bin.equinox.io/c/4VmDzA7iaHb/ngrok-stable-linux-amd64.zip

2. Unzip ngrok menggunakan perintah unzip ngrok-stable-linux-amd64.zip 
3. Ketik ls lalu jika sudah ada ngrok langsung saja di ketik perintah ./ngrok untuk melihat petunjuknya.
4. Balik ke situs resminya ngrok, copy script authtoken lalu jalankan di terminal
5. Ketikkan ./ngrok tcp 22 untuk meremote server melalui service SSH dan ./ngrok http 80 jika meremote localhost servernya
6. Nanti akan keluar tampilan seperti diatas, tampilan di Proxmoxnya di standbya saja seprti itu, kita coba meremote dengan perintah ssh username@0.tcp.ngrok.io -p port. coba meremote menggunakan koneksi luar (bukan lokal). Kalau sudah jadi berarti kalian sudah bisa meremote servernya. Jika servernya keluar dari tampilan Ngrok, maka portnya akan berganti lagi.

E. Kesimpulan
Ternyata bisa meremote server menggunakan koneksi luar menggunakan software ini.

F. Referensi
- Penasaran pribadi dan mencari-cari di google
Wassalamualaikum Wr.Wb

Previous
Next Post »

Recommended