Setting Ubiquiti Device - NanoStation M2 (Access Point)


Assalamualaikum Wr.Wb
Hari ini, kami mendapatkan ilmu yang sangat berguna, ya! setting perangkat Ubiquiti. Jarang sekali yang dapat menggunakan perangkat ini karena faktor biaya dan kebutuhan, apa saja yang didapatkan ? simak penjelasannya berikut ini.

A. Pengertian
Ubiquiti Networks adalah perusahaan teknologi Amerika dimulai pada tahun 2005. Berbasis di San Jose, California Ubiquiti memproduksi nirkabel komunikasi data produk untuk perusahaan dan broadband nirkabel penyedia dengan fokus utama pada kurang terlayani dan pasar negara berkembang.

B. Latar Belakang dan Tujuan
Untuk mengetahui perangkat jaringan lanjutan selain Mikrotik, Cisco dan Juniper. Pembimbing kami menjelaskan cara penggunaan perangkat Ubiquiti ini.

C. Alat dan Bahan
   ~ Ubiquiti Power Beam M2 (Station side)
   ~ Ubiquiti NanoStation M2 (AP Side)
   ~ Laptop
   ~ Kabel LAN
D. Isi
1. Konfigurasikan IP laptop dengan IP yang satu network dengan UBNT, IP Default dari UBNT adalah : 192.168.1.20
2. Jika sudah buka di web Browser dengan IP default, kemudian masukan username: ubnt dan password: ubnt dan konfigurasikan juga countrynya yaitu indonesia lalu login

3. Kemudian ubah identitinya di menu system, lalu pada time zone pilih sesuai zona waktu.dan enable pada startup date, kemudian sesuaikan tanggalnya, jika sudah change dan apply maka radio UBNT akan merestart sendiri 
4. Lalu untuk merubah IP address dari UBNT kita bisa melakukan di tab menu NETWORK
5. Nanti kita akan keluar dan harus login lagi
6. Setelah itu kita masuk ke TAB Wireless, ubah modenya menjadi Access Point, rubah SSIDnya, country pilih Indonesia, ubah juga frekuensi yang kosong, lalu enable pada frekuensi list, pilih frekuensi yang dipilih tadi dan setting security wifinya.
7. Lalu pindah ke TAB paling kiri, lalu enable kan airMAX bertujuan agar perangkat apapun yang tidak mempunyai airMAX tidak bisa connect, jangan lupa ganti port airMAXnya agar tidak sembarang orang bisa menyambung.

E. Kesimpulan
Dapat mengetahui cara menghubungkan kantor pusat dan cabang yang jaraknya jauh
F. Referensi
https://endriskanet.blogspot.co.id/2017/08/point-to-point-with-ubiquiti-ap-side.html
Wassalamualaikum Wr.Wb

Previous
Next Post »

Recommended