Konsep Dasar MikroTik

Assalamualaikum Wr.Wb
Setelah kemaren berkenalan dengan MikroTik kali ini saya akan mencoba membahas konsep dasar yang ada di MikroTik.

A. Pengertian
MikroTik adalah sebuah sistem operasi termasuk di dalamnya perangkat lunak yang dipasang pada suatu komputer sehingga komputer tersebut dapat berperan sebagai jantung network, pengendali atau pengatur lalu-lintas data antar jaringan, komputer jenis ini dikenal dengan nama router. Jadi intinya mikrotik adalah salah satu sistem operasi khusus untuk router. Mikrotik dikenal sebagai salah satu Router OS yang handal dan memiliki banyak sekali fitur untuk mendukung kelancaran network.

B. Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman, MikroTik semakin ramai digunakan oleh khalayak umum sebagai bagian dari sistem jaringan mereka. Saya memilih MikroTik karena lebih efisien, murah, dan lengkap dibanding perangkat yang lain.

C. Tujuan
Menjelaskan konsep dasar MikroTik sebelum berlanjut ke topik pembahasan selanjutnya.

D. Isi
Ada beberapa cara mengakses MikroTik :
1. Melalui WinBox, setting IP di laptop sama dengan yang ada di WinBox.

2. Melalui WebFig, tulis IP winbox kalian di pencarian alamat di browser kalian. (maaf bukan gambar asli saya, WebFig saya error)
3. Melalui SSH dan Telnet, seharusnya kalau ingin mengakses lewat jalur ini harus menggunakan kabel serial untuk mempermudahnya ada aplikasi bernama PuTTY yang bisa kalian gunakan untuk akses SSH dan Telnet. Perbedaanya adalah SSH itu lebih secure daripada Telnet dalam hal keamanan. ketikkan IP winbox lagi lalu klik "open"

Untuk melihat spesifikasi RouterBoard kita bisa dilihat di System --> Resources
Untuk merubah nama bisa dilakukan di System --> Identity atau bisa dengan CLI dengan command :
[Admin@initialna]>system identity set name=terserah_kalian
System reset juga disediakan sebagai paduan dasar. Biasanya jika kita mereset MikroTik kemungkinan adalah terlalu banyak konfigurasi, lupakonfigurasi dan latihan pemula. Ada 2 cara mereset yaitu : Hard Reset (Atur Ulang Paksa) dan Soft Reset.
1. Hard Reset : Tekan tombol yang ada tulisannya "Reset/Res" di RouterBoard kalian, bisa dengan jari bisa dengan pulpen.
 2. Masuk ke Winbox lalu pilih menu System --> Reset Configuration --> "Enter"
Pada Soft reset ini ada 3 mode reset yang bisa dilakukan yaitu:
Keep User Configuration = Semua user dan Password yang kita tambahkan tidak
akan terhapus, jadi selain user dan Password semua akan terhapus

No-Defaults Configuration = semua konfigurasi akan direset / dihapus tanpa
terkecuali, dan tidak akan membuat router menjadi setingan default pabrik

Do Not Backup = semua konfigurasi akan direset termasuk file back up

Bagian ini adalah cara untuk mengatur waktu karena biasanya waktu yang ada di Winbox itu sama dengan pabrikannya (Latvia) jadi tidak menyesuaikan di waktu yang kita tempati (Indonesia) masuk ke System --> Clock pilih GMT +7 (Bangkok,Jakarta)


Pengaturan Dasar MikroTik

1. Untuk mensetting IP hanya perlu mengakses menu IP --> Addresses --> + (Untuk menambah IP baru)

2. Untuk menambahkan Gateway kalian akses menu IP --> Routes. Dst Address kosongin saja dan Gateway diisi dengan Network yang sama dengan IP yang ada di Address List tadi.
3. Untuk menambahkan DNS Server kalian akses menu IP --> DNS lalu tulis DNS yang sudah disediakan ISP kalian / koneksi internet kalian. (saya memakai dns default dari google)

E. Kesimpulan
Ternyata dasar MikroTik tidak terlalu rumit asalkan kita mau mempelajarinya dengan serius dan benar benar ingin bisa menguasai MikroTik suatu saat.

F. Referensi 
Modul MTCNA

Mungkin cukup sekian dari saya, maaf jika postingan kali ini kurang menarik karena banyak foto yang saya ambil dari Google. Masalah utama adalah Wired Connection di Laptop saya lagi rusak jadi tidak bisa mengambil gambar langsung dari praktek saya sendiri. Kurang lebihnya saya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb


Previous
Next Post »

Recommended