Mengenal MikroTik

Assalamualaikum Wr.Wb
Sebelum kita belajar tentang MikroTik sebaiknya kita tau terlebih dahulu minimal "Apa Itu Mikrotik" dan "Sejarah Tentang Mikrotik." Saya akan sedikit berbagi mengenai sejarah dan pengertian mengenai mikrotik. Simak penjelasannya dibawah ini :

A. Pengertian
MikroTik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins.
Pada tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar MikroTik bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini, MikroTik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.
Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 - 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Selain staf di lingkungan Mikrotik, menurut Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara maraton.

Founder Of MikroTik

B. Jenis Jenis MikroTik

MikroTik RouterOS
Apa itu MikrotikOS ? Mikrotik RouterOS adalah sitem operasi yang dapat di gunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup bebagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh isp dan provider hotspot. Untuk instalsi mikrotiik tidak dibutuhkan piranti linak tambahan atau komponen tambahan lain. Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangant baik digunakan untuk keperluan administasi jaringan komputer seperti merangcang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.

MikroTik RouterBoard
Apa itu mikrotik routerboard? Mikrotik routerboard adalah sebuah routerboard seperti sebuah pesonal computer (pc) mini yang terintegrasi karena dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard menggunakan os rputerOS yang bergunsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan hotspot server. Sedikit tambahan untuk kalian, bila kalian tidak mau pusing atau bingung dengan syntax/perintah yang harus di hafalin pada saat mengkonfigurasikan mikrotiknya, saya sarankan untuk download aplikasi free yang bernama winbox. 

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan karena sudah banyak penjelasan yang panjang lebar mengenai MikroTik di Google jadi saya tidak perlu menerangkannya terlalu panjang.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Previous
Next Post »

Recommended