Tutorial : Install Linux Mint 18.1 "Serena"

Assalamualaikum Wr.Wb
Linux Mint 18.1 “Serena” diluncurkan pada bulan Desember 2016, tepatnya Jumat 16 Desember 2016. Di peluncurannya, Linux Mint 18.1 “Serena” menyediakan dua edisi utama, edisi Desktop Environment Cinnamon dan MATE. Garis besarnya, Linux Mint 18.1 dibangun dengan Ubuntu 16.04 dan menggunakan kernel Linux 4.4. Serta pembaruan aplikasi Xed dengan search bar baru, pembaruan Xplayer, dan pembaruan komponen X-Apps, termasuk Xviewer, Xreader, dan Libxapp. Tak ketinggalan ada pembaruan pada display manager MDM. Linux Mint 18.1 “Serena” akan menjadi seri LTS (Long Term Support) yang akan didukung hingga tahun 2021. Sampai tahun 2018 nanti, pengembang akan fokus mengerjakan Linux Mint dengan paket berbasis Linux Mint 18, ini pun akan mempermudah pengguna yang ingin memutakhirkan sistem dari versi satu ke versi lainnya. 
Berikut cara menginstall Linux Mint 18.1 "Serena" :

1. Linux Mint bisa diinstall lewat Live CD/USB, jadi setelah kita mengatur urutan boot di BIOS kearah bootable Linux Mint, maka otomatis bisa langsung masuk ke dekstopnya dan menginstallnya lewat dekstop. Klik "Install Linux Mint" untuk memulai instalasi.





2. Pemilihan bahasa, lebih baik kalian gunakan suggest default language (English) agar mudah dipahami. 
 3. Install third party tidak usah di checklist, lewati saja klik Continue.
 4. Pemartisian hardisk, pilih Something Else untuk mengatur partisi secara manual.

 5. Buatlah partisi minimal / (root) dan swap area karena kedua partisi inilah yang wajib ada di Linux. ukuran /root minimal 8,6 GB sedangkan swap area adalah dua kali ukuran RAM asli laptop/PC kalian. Misalkan RAM kalian 2048 MB (2GB), berarti ukuran swap areanya 2048x2=4096 MB (4GB).
 
6. Pemilihan lokasi, klik langsung kota jakarta untuk setelan otomatis jam di OS kalian.
 7. Pemilihan tatanan keyboard, kalian pasti menggunakan keyboard QWERTY semua kan? di langkah ini langsung klik Continue saja. 
 8. Pengisian username dan password, kalian harus mengisi nama dan password di masing-masing field. Isi sesuai kesukaan kalian.
 9. Tunggu instalasi sampai selesai, setelah selesai pilih "Restart Now" dan setelah Reboot, eject media bootable kalian yang digunakan untuk menginstall Linux Mint tadi.




 10. Taraa... kalian sudah berhasil menginstall Linux Mint 18.1 "Serena" di PC kalian. untuk driver biasanya sudah terinstall otomatis kok :) 

Mungkin cukup sekian sedikit ilmu dari saya kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb













  



Previous
Next Post »

Recommended