Perbaikan Laptop - Hardisk Konslet


Assalamualaikum Wr.Wb
Hari ini, laptop saya error entah kenapa dari semalam tidak mau booting ke OS, sudah saya coba berkali kali melalui Software, berbagai cara juga tetap tidak jadi. Akhirnya, saya coba untuk membongkar laptop pertama kalinya untuk mengecheck error, mungkin saja errornya di Hardware. Langsung saja saya akan menjelaskannya disini sekaligus menjadi laporan saya kerja hari ini.

A. Latar Belakang
Laptop yang rusak karena Hardisk Error karena Konslet listrik

B. Tujuan
Menjelaskan dan melaporkan hasil kegiatan kerja saya hari ini.

C. Langkah Kerja
1. Check troubleshouting mulai dari awal (BIOS) sampe mencoba Hard Reset, tetapi masih tetep error.
2. Mencoba menanyakan permaslahan kepada teman-teman.
3. Mencoba bertanya ke senior yang ada di tempat kerja saya.
4. Membongkar Laptop untuk mengidentifikasi errornya
5. Check baterai CMOS, RAM, dan Hardisk. Ternyata errornya di Hardisk
6. Membeli Hardisk baru
7. Laptop kembali benar

D. Kesimpulan
Ternyata, untuk melakukan dan mengidentifikasi sesautu, dimulai dari pengetahuan diri kita sendiri dan dari awal. Jangan langsung terburu buru untuk membongkar sesuatu, apalagi belum tau bagian bagiannya :D

Thanks to : Mas Gabriel (Gilbert) dan Mas Aji karena membantu saya untuk memperbaiki laptop.
Wassalamualaikum wr.Wb
Previous
Next Post »

Recommended