Diskusi : Sejarah Komputer


Assalamualaikum Wr.Wb
Hari ini, kami mendapatkan materi tambahan dari pembimbing kami mengenai sejarah komputer, Awalnya karena setiap ada murid baru, ditanya "Apa itu Komputer?" mereka pasti menjawab "Alat untuk mempermudah pekerjaan manusia", lalu apa bedanya dengan PACUL / Cangkul? itu juga memudahkan manusia? Nah, untuk mengetahui fungsi sebenarnya itulah pembimbing kami mengisi materi ini, langsung aja ke penjelasan :D
A. Sekilas Sejarah Mengenai Komputer
Komputer dahulu diartikan sebagai gambaran orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dahulu komputer digunakan sebagai alat perhitungan yang perhitungan tersebut tidak dapat dihitung manusia atau bisa dikatakan perhitungan yang cukup rumit. Kini Komputer diartikan sebagai alat bantu manusia yang digunakan manusia untuk membantu pengolahan data dan angka. 
Sekarang komputer sudah semakiin canggih. Tetapi sebelum datangnya komputer yang canggih seperti yang sekarang ini, dahulu komputer tidak sekecil, secanggih dan hebat yang sekarang ini. Ada proses upgrade dari masa ke masa.

B. Latar Belakang
Kurangnya pengetahuan anak anak yang sedang prakerin di BLC tentang hal yang satu ini.
C. Tujuan
Membuka wawasan lebih luas tentang sejarah komputer

D. Isi Diskui
  • Generasi Pertama (1941-1952)
Komputer pertama kali dibuat dan diawali oleh Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Komputer ini menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekaniknya. Mesin tersebut beroperasi dengan lambat, ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungannya.

  • Generasi Kedua (1952/1956-1958)
Penemuan yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Di generasi kedua ini juga ditemukannya sebuah bahasa komputer yaitu bahasa pemrograman.
  • Generasi Ketiga (1958-1970)
Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan IC : integrated circuit pada tahun 1958. IC menggabungkan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah sudah ada penggunaan sistem operasi (operating system) didalamnya yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara bersamaan dengan sebuah program utama yang mengawasi dan mengatur memori komputer (multitasking).

  • Generasi Keempat (1970-1980)
Digenerasi keempat ini telah ada perubahan yang signifikan dan dimudahkan untuk pemakaian komputer. Kemudahan tersebut ditandai oleh ditemukannya sebuah tampilan GUI (Graphic User Interface)GUI adalah sebuah sistem operasi yang dapat membantu pengoperasian lebih mudah, dikarenakan tampilannya tidak seperti command prompt yang harus menggunakan bahasa pemrogaman (Berbasis visual) dan tampilannya pun kurang menarik. Sedangkan GUI lebih menarik daripada sesepuhnya (CLI).

  • Generasi Kelima (1980-saat ini)
Kemajuan dalam generasi kelima adalah kemampuan pemprosesan paralel, yang akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasi CPU untuk bekerja secara bersamaan. Kemajuan lainnya adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
  • Generasi Keenam (Coming Soon)
Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

E. Kesimpulan
Lebih mengetahui sejarah dan fungsi sesungguhnya dari Komputer
F. Referensi
http://www.computerhistory.org/timeline/computers/
Wassalamualaikum Wr.Wb

Previous
Next Post »

Recommended