Konfigurasi VLAN di MikroTik

Assalamualaikum Wr.Wb
Kali ini saya akan menjelaskan tentang Virtual LAN

A. Pengertian
Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan yang sama

B. Latar Belakang
VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut.

C. Tujuan
Menjalaskan apa itu VLAN dan cara konfigurasinya

D. Isi

1. Buat interface VLAN baru, Interface > + > VLAN lalu isi :
Name : vlan1_azhar (terserah)
VLAN ID : 10 (terserah intinya angka genap)
Interface : ether2 (menyesuaikan saja)

2. Buat IP dan arahkan ke interface vlan tadi
3. Buat DHCP Server dan arahkan ke interface vlan tadi
4. Setting koneksi VLAN di OS asli kita, isi sbb :
5. Terakhir, untuk mengeceknya, ketikkan ifconfig / ipconfig/all dan lihatlah apakah interface VLAN sudah ada pada daftar tersebut?
E. Kesimpulan
Konfigurasi VLAN tidak terlalu sulit

F. Referensi
Pengertian VLAN

Wassalamualaikum Wr.Wb
Previous
Next Post »

Recommended