Bridge : Bridging And Concept Spanning Tree Protocol


Assalamualaikum Wr.Wb
Di postingan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang Bridge di dalam MikroTik. Arti bridge sendiri yaitu "Jembatan" ya memang betul Bridge di dalam jaringan memiliki fitur yang sama dengan jembatan yang ada sekarang yaitu sebagai penghubung. Langsung saja kita mulai pembahasannya :

A. Pengertian
Bridge pada mikrotik adalah penggabungan 2 atau lebih interface seolah-olah berada dalam 1 segmen network yang sama. Bridge juga bisa dijalankan pada jaringan wireless. Interface bridge adalah interface virtual, karena virtual kita bisa membuat interface bridge sebanyak yang kita inginkan.

B. Latar Belakang
Banyak organisasi/perusahaan yang memiliki lebih dari satu LAN dan berkeinginan untuk menghubungkan LAN-LAN nya itu. LAN dapat dihubungkan dengan perangkat yang disebut Bridge, yang beropreasi dalam data link layer. Pernyataan ini berarti bahwa Bridge tidak memeriksa header network layer dan kemudian dapat menyalin paket-paket IP, IPX dan OSI sama baiknya, sebaliknya IP murni dan IPX atau router OSI hanya dapat menangani paket yang bersal dari dirinya sendiri.

C. Tujuan
Mengenalkan apa sih sebenarnya Bridge itu?
Menjelaskan tentang cara konfigurasi Bridge di MikroTik

D. Isi
Kita disini akan mencoba menghubungkan koneksi wlan1 dan ethernet agar seolak olah berada pada 1 segmen koneksi yang sama, maka langkah langkahnya :

1. Koneksikan MikroTik ke koneksi Wireless yang tersedia
 2. Masuk ke Bridge > Bridge dan buat koneksi Bridge dulu lalu menuju menu Ports lalu buat port masing masing untuk wlan1 dan ethernet
3. Setting koneksi wired/LAN di OS asli menjadi Automatic (DHCP)
4. Untuk tambahan STP bisa ditambahkan dan bisa cari arti dari Spanning Tree Protocol di Google.com

E. Kesimpulan
Menghubungkan 2 koneksi yang berbeda dengan Bridge lewat MikroTik ternyata sangat simpel dan mudah.

Mungkin cukup sekian dari saya kita bertemu lagi di post selanjutnya
Wassalamualaikum Wr.Wb


Previous
Next Post »

Recommended